Distan Banjar Gelar Sosialisasi Program Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari 2024

MARTAPURA, InfoPublik - Program kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tahun 2024 akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Program ini bertujuan untuk mendorong kemandirian pangan keluarga melalui pemanfaatan pekarangan secara optimal dan berkelanjutan.

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan menggelar  sosialisasi program kegiatan P2L Tahun 2024 di aula Distan, Selasa (4/6/2024).

Kasi Pengembangan Sarana Pertanian Gusti Rahmatullah mengatakan penerima manfaat kegiatan P2L minimal anggota 20 orang, belum pernah mendapatkan serupa sebelumnya, mampu menyediakan lahan demplot 400 – 500 m2 untuk wilayah pedesaan dan 100 – 200 m2 untuk perkotaan.

"Dengan dukungan dan partisipasi masyarakat dalam P2L, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari dari hasil pekarangan mereka sendiri," ujarnya.

Selain itu, program ini juga akan meningkatkan ketahanan pangan keluarga serta mendukung kelestarian lingkungan.  Dapat mewujudkan Kabupaten Banjar yang mandiri dan sejahtera dalam bidang pangan.

"Program P2L di Tahun 2024 diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan keberlanjutan ketahanan pangan keluarga, meningkatkan kualitas gizi, meningkatkan pendapatan keluarga, menciptakan lapangan kerja, dan mewujudkan lingkungan yang lestari," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Perkebunan dan Peternakan dalam hal ini diwakili Kasi Pengembangan SDG Ied Eka Norbiansyah, Kasi Pengembangan Sarana Peternakan Lily Marlina beserta staf, KJF, Kepala Koordinator Balai dan PLL se-Kabupaten Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar