Puluhan Petugas Keamanan Dibekali Pelatihan Pemadam Kebakaran

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan pemadaman kebakaran menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada Satpam di Gedung Pusat Sumber Belajar (PSBB) di Desa Indrasari, Martapura, Rabu (29/5/2024).

Kepala DPKP Banjar Agus Siswanto diwakili Kepala Bidang Pencegahan Gusti Yudhi mengatakan para satpam diajari cara memadamkan api dengan menggunakan APAR, sementara alat peraga yang digunakan yakni tabung gas LPG 3 Kg dan tungku bakar.

"Dalam simulasi pemadaman ini para Satpam dibimbing oleh pelatih senior dari Damkar yang memang ahli di bidang penanganan kebakaran, serta kerja sama anatar PT Satya Haprabu Perkasa," ujarnya.. 

Menurut Yudhi tugas, pokok dan fungsi seorang petugas keamanan tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) saja, melainkan juga harus bisa menangkal semua potensi yang bisa mengancam bahaya dan kerugian di tempat mereka berkerja.

"Satpam juga harus bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran, sehingga mereka juga harus dibekali ilmu tentang cara memadamkan api," katanya. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/BIDPENCEGAHAN/SAY17) 


Komentar