Gerakan Perubahan Iklim, Distan Ajak Petani Bersihkan Saluran Air di Tatah Makmur

MARTAPURA, InfoPublik - Pembersihan saluran air di persawahan merupakan langkah penting dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan menjaga saluran air tetap bersih dan lancar, maka proses irigasi menjadi lebih efisien, mencegah genangan air yang berlebihan, serta mengurangi risiko banjir.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Imelda Rosanty saat pembersihan saluran air persawahan di Desa Tampang Awang Kecamatan Tatah Makmur, Selasa (28/5/2024).

"Kegiatan ini membantu dalam menjaga keseimbangan ekosistem sawah dan meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan demikian, pembersihan saluran air di persawahan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mitigasi dampak perubahan iklim," ujar Imelda.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tatah Makmur Akhmadi mengharap kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. 

"Dengan demikian saluran air di sawah dapat berjalan dengan lancar, tanah menjadi subur, dan hasil panen padi dapat meningkat," ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Seksi dan staf Distan Banjar, KJF, Koordinator dan PPL Tatah Makmur dan petani setempat. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar