Distan Gelar Pengesahan Programa Penyuluh Pertanian Tingkat Kabupaten Banjar 2025

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar menggelar rapat Pengesahan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2025 di Aula Distan, Rabu (22/5/2024).

Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan acuan bagi tim penyusun programa penyuluhan pertanian di setiap tingkat administrasi pemerintahan dalam menyusun rencana kerja dan rencana kegiatan tahunan penyuluh pertanian serta Memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian

Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Banjar merupakan Pedoman program penyelenggaraan penyuluhan pertanian kabupaten yang disusun secara sistematis dengan memperhatikan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya. Adapun substansinya meliputi aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, prasarana sarana dan pembiayaan penyuluhan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian diwakili Kepala Bidang Penyuluhan Retno Sri Murwani mengatakan penyuluhan pertanian memegang peranan penting dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani agar mampu menerapkan teknologi baru dan praktik terbaik dalam usaha tani. Programa penyuluhan yang akan kita bahas dan sahkan pada hari ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi kita semua dalam melaksanakan tugas-tugas penyuluhan di lapangan tegasnya.



"Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian daerah Oleh karena itu, peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani menjadi fokus utama dalam setiap kebijakan dan program yang kita jalankan. Programa penyuluhan pertanian ini dirancang dengan memperhatikan berbagai masukan dari para petani, penyuluh, dan para ahli di bidang pertanian, sehingga dapat menjawab tantangan dan kebutuhan nyata di lapangan," jelasnya.

Dalam rapat ini juga dievaluasi programa tahun sebelumnya, mendiskusikan rencana programa tahun 2025, dan menyepakati langkah-langkah yang perlu di ambil untuk mencapai tujuan bersama. 

"Kami berharap diskusi kita nanti berjalan dengan lancar, konstruktif dan menghasilkan keputusan yang terbaik untuk kemajuan pertanian di daerah kita," pungkasnya.

Rapat ini dihadiri Kepala Seksi Lingkup Dinas Pertanian, KJF, Koordinator BPP beserta PP. Programer serta perwakilan KTNA Kab. Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin/Dwi Retnani)


Komentar