Distan Banjar Gelar Rakor Kegiatan Perpompaan Irigasi

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Prasarana Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan menggelar Rapat Koordinasi Kegiatan Perpompaan Irigasi di Aula Distan, Kamis (16/5/2024).

 

Kasi Pengembangan Prasarana Peternakan Golped Arianti mengatakan Irigasi perpompaan merupakan salah satu metode irigasi yang efektif untuk meningkatkan hasil panen tanaman pangan, terutama di daerah yang tidak memiliki akses ke sumber air alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa irigasi perpompaan juga memiliki beberapa tantangan yang perlu diatasi.

 

“Dengan perencanaan yang matang, operasi dan pemeliharaan yang baik, serta solusi untuk mengatasi tantangan, irigasi perpompaan dapat menjadi solusi yang berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan di Indonesia,” ujarnya.

 

Ditambahkannya, dengan tercapainya tujuan-tujuan Rakor Perpompaan Irigasi, diharapkan sistem irigasi perpompaan dapat berfungsi secara optimal dan efektif dalam mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

 

"Terdapat sumber air, baik air permukaan berupa sungai, mata air, saluran pembuangan, maupun air tanah yang tersedia untuk mendukung Penambahan Areal Tanam (PAT). Lokasi kegiatan irigasi perpompaan adalah pada lahan sawah tadah hujan atau sawah yang sering kekurangan air irigasi,” jelasnya. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar