Distan Banjar Dukung Misrani Raih Penghargaan Kalpataru 2024

Martapura, InfoPublik - Penghargaan Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan Kalpataru memiliki 4 (empat) kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, Penyelamat Lingkungan dan Pembina Lingkungan.

 

Misrani sebagai pelopor pertanian hortikultura di Desa Simpang Empat Kec. Simpang Empat Kab. Banjar telah mengabdikan dirinya selama kurang lebih 32 tahun mengembangkan pertanian dengan petani binaan yang berasal dari 4 Kecamatan di sekitarnya yaitu Kecamatan Cintapuri Darussalam, Mataraman, Pengaron dan Simpang Empat dimana beliau berdomisili. Kawasan yang dikembangkan beliau awalnya merupakan kawasan transmigrasi perkebunan karet yang dirintis sejak tahun 1982.

 

Saat ini dibawah binaan Misrani bekerjasama dengan anggota Gapoktan Kayuh Baimbai kawasan tersebut berkembang menjadi kawasan agro forestry dengan menanam berbagai komoditi hortikultura seperti tomat, cabe, timun, jagung, terong dan dilengkapi dengan rumah bibit serta fasilitas smart farming menggunakan pengairan dgn teknologi fertigasi tetes membawa keuntungan yang cukup besar bagi anggotanya karena dapat menanam komidti tersebut diluar musim. Atau dapat dikatakan proses budidaya dapat dilakukan sepanjang tahun.

 

Kasi Kelembagaan Petani Dwi Retnani mengatakan dengan pencapaian ini pantas kiranya Misrani diberikan penghargaan Kalpataru tahun 2024.

 

“Seluruh perangkat daerah baik Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Disbudporapor, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Mitra Gapoktan, PT. PLN dan PT. MAS yang telah memberikan dukungan berupa dana CSR turut mensupport Misrani,” ujar Dwi, Selasa (23/4/2024).

 

Dwi menambahkan penghargaan Kalpataru ini Rencananya akan diberikan bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia, 5 Juni 2024.

 

“Semoga penilaian oleh Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup memberikan hasil terbaik bagi Misrani memperoleh Penghargaan Kalpataru perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan dan mengharumkan nama Kabupaten Banjar di tingkat nasional,” harapnya.

 

Kegiatan ini dihadiri Kasi Pengembangan Sarana Peternakan Lily Marlina, Kasi Pengembangan SDG Ied Eka Norbiansyah, KJF Rifani Hernadi, Koordinator BPP beserta PLL Simpang Empat di Gapoktan Kayuh Baimbai. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar