Syukuran Panen Padi Gerakan Nasional El-Nino di Sungai Tabuk

Martapura, InfoPublik - Syukuran panen padi dalam rangka Gerakan Nasional (Gernas) El Nino merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk merayakan hasil panen padi yang berlimpah di tengah kekhawatiran dampak El Nino. Kegiatan ini biasanya diadakan di berbagai daerah di Indonesia yang terancam mengalami kekeringan akibat El Nino.

Syukuran panen menjadi momen bagi para petani untuk bersyukur atas hasil panen padi yang mereka peroleh. Hal ini penting untuk meningkatkan semangat dan motivasi para petani dalam melanjutkan usaha taninya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar walaupun ditengah puasa di bawah terik matahari tidak menyurutkan semangat mereka. Dihadiri Kepala Dinas Pertanian Warsita, Kabid, Kasi, Babinsa, Penyuluh Sungai Tabuk dan Petani setempat di Lahan Kelompok Tani Pejambuan Raya Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk, Rabu (3/4/2024).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar Warsita menjelaskan El-Nino merupakan sebuah peristiwa cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan suhu udara meningkat secara signifikan dan mengganggu siklus alam, termasuk pertanian. 

"Fenomena ini sering kali berdampak negatif bagi hasil panen, khususnya pada sektor pertanian seperti tanaman padi. Oleh karena itu, gerakan nasional ini bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi potensi kerugian yang disebabkan oleh El-Nino," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Warsita berharap masyarakat dapat meningkatkan ketahanan pangan dengan menjaga hasil panen padi. Selain itu, gerakan nasional ini juga memiliki dampak positif lainnya, seperti memperkuat kerjasama antara petani untuk menciptakan ketahanan pangan nasional yang lebih baik.

"Panen raya padi dalam rangka Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El-Nino merupakan langkah yang konkret dan berarti dalam menghadapi tantangan perubahan iklim," tutupnya. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar