Budidaya Cabe Rawit, Program YES Sasar Petani Muda Mataraman

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pertanian (Distan) menggelar sosialisasi Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) di Kecamatan Mataraman. 

Kegiatan program YESS ini menyasar 30 petani muda berusia 17-39 Tahun khusunya di wilayah kerja Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Mataraman, Kamis (7/3/2024).

Program YESS kali ini diberikan materi budidaya cabe rawit, bagaimana wirausaha muda di Mataraman nantinya bisa mengembangkan cabe menjadi varietas unggulan.

Motivator Success Story Wirausaha Muda Budidaya Cabe Rawit Muhibban menjelaskan tentang keuntungan bagi petani muda dengan budidaya cabe rawit yang sukses dan beberapa faktor kunci dalam keberhasilan petani.

"Pertama, pemilihan varietas cabe rawit yang unggul. Kedua, perawatan tanaman yang cermat dan konsisten. Ketiga, pemupukan yang tepat dan pengelolaan lahan yang baik. Keempat, pemantauan pasar dan penjualan cabe rawit dengan harga yang menguntungkan," paparnya.

Hadir juga pada kegiatan ini Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Gusti Yudhi, Koordinator BPP Mataraman Amelia Sri Widyastuti, Pemateri dari Business Development Services Provider (BSDP) Apihani, Fasilitator Muda Mataraman Rafik Hariri. (Brigade Distan Syaripuddin / GT Yudhi) 


Komentar