Batumbang Tani Manis Motivasi Petani Muda Kembangkan Jamur Tiram

Martapura, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar mensosialisasikan program Banjar Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju, Mandiri dan Agamis (Batumbang Tani Manis) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Martapura, Rabu (6/3/2024).

Plt. Kadistan Banjar Nasrullah Shadiq mengatakan Batumbang Tani Manis merupakan inovasi yang memiliki relevansi konsep Perencanaan berbasis THIS (Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial).



"Metode ini sebagai peningkatan minat para pemuda untuk bergerak di usaha sektor pertanian dalam rangka proses regenerasi petani," ujarnya.

Selain itu, Nasrullah menjelaskan inovasi ini bertujuan menghasilkan wirausahawan muda pertanian di setiap kecamatan dan desa. Sehingga diharapkan akan berdampak positif terhadap peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, mendukung ketahanan pangan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Sasaran kegiatan pelaksanaan inovasi Batumbang Tani Manis di Kabupaten Banjar   adalah generasi muda penduduk Kabupaten Banjar, berusia antara 20 – 45 tahun dan Mempunyai usaha tani atau yang berminat  berusaha di sektor pertanian.

Koordinator BPP Martapura Muhammad Yazidi berharap agar kegiatan Batumbang Tani Manis ini dilanjutkan, karena berdampak terhadap masyarakat kepada petani. Sebab kegiatan ini memberikan ilmu dari teori sampai praktek, dan kami ikuti sampai pemasarannya.

Semua peserta nampak begitu semangat mengikuti kegiatan ini dari teori sampai praktek, dari narasumber Muhammad Syafi'e yang menjelaskan tentang budidaya jamur tiram.



"Jamur tiram tumbuh baik pada media tanam yang terbuat dari campuran serbuk gergaji kayu, sekam padi, dan kapur. Pastikan media tanam steril dan telah diolah dengan benar untuk menghindari kontaminasi yang dapat merugikan pertumbuhan jamur," papar Syafi'e. (Brigade Distan Syaripuddin / GT. Yudhi) 


Komentar