Program YESS Motivasi Petani Muda Untuk Kembangkan Kopi Lokal

Martapura, InfoPublik - Program Pengembangan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Pemuda di Sektor Pertanian melalui Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) Layanan Dukungan Kewirausahaan dan Ketenagakerjaan Muda (YESS).

YESS adalah program kerja sama antara Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda dan tenaga kerja yang handal di sektor pertanian.

Sasaran program YESS adalah pemuda berusia 17-39 tahun yang berdomisili tetap atau memiliki NIK di 4 Provinsi lokasi Program YESS di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan selatan, dan Sulawesi Selatan di 15 Kabupaten. Provinsi Kalimantan Selatan ada 4 Kabupaten yang mengikuti program ini diantaranya Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kerja sama YESS melalui Business Development Services Provider (BDSP) / Penyedia Layanan Pengembangan Usaha seperti BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), BLK (Balai Latihan Kerja), PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu), dan lembaga pelatihan lainnya.

Kegiatan YESS hari ini berjalan dengan lancar dan peserta nampak begitu semangat menyimak pemberian materi yang disampaikan dari narasumber Ruspiani Abdi di Aula BPP Sungai Pinang, Selasa (5/3/2024).

Ruspiani Abdi menyampaikan tentang motivasi dan keuntungan bagi petani kopi karena fenomena kebiasaan masyarakat Indonesia meminum kopi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, beralih menjadi gaya hidup masyarakat. Potensi tumbuhnya bisnis kedai kopi di Indonesia nampak dari maraknya pengunjung kedai kopi.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Penyelenggaraan Penyuluhan Gusti Yudhi, KJF Pertanian Nuruddin, Koordinator BPP Sungai Pinang Fery Nando Marbun, Fasilitator Muda Sungai Pinang Joko Santoso dan Motivator Success Story dari  Pengusaha Muda Komoditas Olahan Kopi dan Outlet Franchise Minuman Kopi Ruspiani Abdi. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar