Serbu Beras Murah Emak-Emak di Padang Panjang Sumringah

Martapura, InfoPublik - Senyum sumringah tampak terlihat dari bibir ibu Siti Aisyah, sesaat setelah wanita ini menenteng dua sak beras SPHP yang baru saja dibelinya dari Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjar, Kamis (22/2/2024).

"Kebetulan sekali ini pas mau ramadan, jadi sudah ada persediaan beras dan lainnya," ujar wanita warga Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan ini.

Pada kegiatan GPM ini wanita paruh baya tersebut selain membeli beras dia jua membeli minyak goreng, telur, gula pasir dan sirup.

"Alhamdulillah harganya sangat terjangkau dan jauh lebih murah dibanding harga di pasaran," katanya.



Sementara para emak-emak lainnya juga tampak berjejal membeli bahan-bahan pokok yang digelar di GPM tersebut. Ada yang membawa beras ditenteng ada juga yang sambil digotong diatas kepalanya.

Pambakal Desa Padang Panjang Said Al Akhsani berterima kasih kepada Pemkab Banjar yang memilih desanya untuk kegiatan GPM atau pasar murah ini.

"Kegiatan seperti ini tentu sangat membantu warga kami untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga relatif murah. Terima kasih semuanya," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Sipliansyah Hartani melalui Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan M. Hamdani menjelaskan GPM atau pasar murah dilaksanakan atas kerja sama Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan bersama DKPP serta Dinas Pertanian.

Selain itu juga melibatkan penyedia atau distributor mitra. "Kami sendiri dari DKPP merangkul Bulog Kalsel guna menyediakan beras subsidi pemerintah," jelas Hamdani.



Dijelaskan bahwa Pemkab Banjar menggelar kegiatan serupa di sembilan tempat berbeda selama bulan Februari 2024. Tujuannya untuk mengendalikan inflasi serta memenuhi kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadan. (IP Kab. Banjar/Brigade DKPP)


Komentar