DPKP Kalsel dan DKPP Banjar Pantau Stok Cadangan Pangan di LPM Tunas Harapan

Martapura, InfoPublik -  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan mencoba mengidentifikasi kelompok Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Tunas Harapan di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul, Selasa (20/2/2024).

Lumbung Pangan Masyarakat yang dikelola Gapoktan Tunas Harapan Bangkit ini dibangunkan berupa bangunan LPM dan rumah RMU beserta Mesin RMU pada tahun 2022 lalu.

Kepala Seksi Ketersediaan dan Cadangan Pangan DPKP Kalsel Syamsir mengatakan kunjungan identifikasi Tim ini bertujuan sebagai pelaksanaan pengembangan lumbung pagan masyarakat, berupa penitipan gabah.

"Penitipan gabah/pengisian lumbung ini sebagai  upaya peningkatan cadangan pangan masyarakat yang merupakan salah satu fungsi dari lumbung pangan sebagai tempat atau bangunan untuk menyimpan padi atau bahan pangan lainnya," terang Syamsir.



Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKPP Banjar M.Hamdani menyebutkan untuk mendukung kegiatan lumbung pangan masyarakat terutama dalam meningkatkan volume cadangan pangan masyarakat.

"Perlu untuk penambahan volume cadangan pangan dan bertujuan untuk pengembangan usaha ekonomi produktif serta peningkatan kemampuan pengelolaan cadangan pangan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan kelompok beserta anggotanya dan masyarakat setempat sekitarnya," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DKPP)


Komentar