Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat, BPBD Banjar Gelar Pelatihan Pengoperasian Perahu

Martapura, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar pelatihan pengoperasian mesin perahu bersama warga di Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar, Sabtu (27/1/2024).

Acara ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi potensi bencana.

Momentum ini terkait dengan bantuan perahu yang diterima BPBD Kabupaten Banjar pada 14 November 2023 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Perahu ini dialokasikan khusus untuk Desa Pengaron sebagai bagian dari upaya penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Kalak BPBD Kabupaten Banjar Warsita menyampaikan harapannya bahwa melalui pelatihan ini, masyarakat dapat menjadi lebih siap dan mandiri dalam menghadapi kebencanaan. Peningkatan SDM juga menjadi fokus utama, dengan penekanan pada pentingnya ekonomi masyarakat sebagai kunci ketangguhan.

"Semoga kolaborasi bantuan perahu, peningkatan SDM, dan potensi wisata di Pengaron, termasuk wisata sejarah benteng dan kekayaan boga setempat, dapat mendukung program "Susur Kali daerah rawan bencana" (SuKa DaRa Kencana)," ujar Warsita.

Menurut Warsita pelatihan dirancang sesuai dengan keinginan masyarakat, menciptakan keterlibatan aktif dari peserta.

"Bantuan perahu dan peningkatan SDM diharapkan tidak hanya berguna dalam situasi darurat bencana, tetapi juga mendorong pariwisata lokal, mendukung ekonomi masyarakat di desa rawan bencana," ungkapnya.

Adapun pelatihan ini melibatkan 5 pelatih dari BPBD Kabupaten Banjar dan 8 peserta dari desa, membuktikan komitmen bersama menuju masa depan yang lebih aman dan sejahtera. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar