BPBD Banjar Terima Bantuan Mobil Dapur Umum Dari BNPB

Martapura, InfoPublik - Langkah proaktif dalam meningkatkan kapasitas tanggap darurat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat diterjemahkan ke dalam kenyataan oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Keduanya secara resmi menyerahkan bantuan berharga berupa mobil dapur umum kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, di Desa Pesayangan Utara, samping Masjid Al Karomah Martapura, Kamis (18/1/2024) sore.

Pada kegiatan tersebut juga turut dihadiri  Anggota Komisi VIII DPR RI, Syaifullah Tamliha, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, Kalak BPBD Banjar Warsita, Pambakal Desa Pesayangan Utara serta tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Kalak BPBD Banjar Warsita menjelaskan bahwa kunjungan dari BNPB tidak hanya berfokus pada aspek seremonial, melainkan melibatkan penyerahan mobil dapur umum. Tambahan unit dapur umum ini diharapkan dapat memperkuat peran BPBD dalam memberikan layanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM), khususnya terkait pelayanan dan evakuasi.

"Mobil dapur umum ini dilengkapi dengan peralatan memasak modern, memungkinkan penyediaan makanan bagi masyarakat yang terdampak bencana. Serah terima ini menjadi momen penting dalam mendukung upaya penguatan mitigasi bencana dan pelayanan kesehatan di tingkat lokal. Masyarakat Pesayangan Utara diharapkan akan merasakan dampak positif dari inisiatif ini, terutama dalam situasi darurat," jelasnya.

Sementara itu, ambulan yang diserahkan dilengkapi dengan fasilitas medis lengkap, bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama dan transportasi cepat bagi pasien yang membutuhkan perawatan medis. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat respon kesehatan di daerah tersebut.

"Penyerahan ini tidak hanya mencerminkan kerja sama antara lembaga-lembaga terkait, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen dalam memperkuat kesiapsiagaan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar," pungkasnya. (Media Center Banjar/Brigade BPBD)


Komentar