Penghijauan Pasca Karhutla, Koramil Gambut Tanam Pohon Bersama Masyarakat

Martapura, InfoPublik - Pascabencana kebakaran hutan dan lahan yang dialami Kalimantan Selatan khusunya Kabupaten Banjar, jajaran Koramil 1006-08/Gambut bersama masyarakat melakukan penanaman pohon di jalan Karang Anyar kecamatan Gambut, Kamis (18/1/2024).

Danramil Gambut Kapten Cba Heru Sukarsun mengatakan bersama  komponen masyarakat, aparat desa dan instansi terkait melaksanakan Penanaman ratusan pohon.

"Wilayah tersebut adalah rawan Karhutla, kalau dibilang langganan memang tiap tahun jika musim panas pasti ada titik api dan asap," ujarnya.



Dikatakan Danramil melalui kesepakatan bersama dengan masyarakat dan komponen lainnya agar untuk menjaga kembali lahan dan hutan pasca Karhutla, maka melalui reboisasi dilakukan penanaman ratusan pohon.

"Penanaman pohon menjadi bagian dari solusi jangka panjang untuk menghasilkan kelestarian alam dan lingkungan yang asri dengan tujuan dapat mencegah Banjir dan juga wabah penyakit," ungkapnya.

Sementara Agus Muslim tokoh masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada Danramil Gambut dan jajarannya yang sudah menginisiasi Penanaman pohon pasca Karhutla.

Agus menuturkan penanaman pohon ini bisa mewujudkan kembali lahan yang sudah terbakar setelah adanya karhutla akan hijau dan lestari juga  dapat memberi manfaat bagi warga.



"Saya juga mengajak untuk selalu bersinergi dan kerja sama kepada semua pihak dan masyarakat untuk menjaga agar lahan ini dapat terjaga kelestariannya," tutupnya. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar