Gali Kreativitas, Pemdes Takuti Gelar Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan

Mataraman, Pemerintah Desa Takuti menggelar pelatihan pembuatan kain Sasirangan, di Balai Kemasyarakatan Desa kecamatan Mataraman, Kabupaten Banjar, Senin (11/12/2023).


Kegiatan tersebut diikuti 20 peserta dari ibu-ibu PKK desa Takuti, dengan instruktur Asriansyah perajin kain sasirangan.


Pembuatan kain sasirangan ini menggunakan pewarna alami yang berasal dari tanaman-tanaman lokal, seperti kunyit, toga, gincu, dan lain-lain, para perajin kain sasirangan dapat menghasilkan kain yang lebih ramah lingkungan, sehat dan berkualitas.



Pelatihan ini adalah wujud kepedulian Pemerintah Desa Takuti untuk melestarikan budaya dan meningkatkan kesejahteraan warga desa takuti, mendorong masyarakat untuk berkarya dan berinovasi.

Pambakal Desa Takuti, Bayu Sabdo Pamungkas, mengapresiasi pelatihan ini sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kain sasirangan sebagai warisan budaya daerah. 


Ia berharap bahwa pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi perajin kain sasirangan, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.


Adapun kegiatan ini diselenggarakan dari 8 sampai 11 Desember 2023. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar