Antisipasi Bencana, BPBD Banjar - KPH Kayu Tangi Tanam Pohon di Desa Pasar Jati

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka mengantisipasi abrasi yang terjadi di daerah tepian sungai Martapura, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama KPH Kayu Tangi dan Warga desa Pasar Jati melaksanakan penanaman pohon, Jumat (8/12/2023).

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di desa Pasar Jati, kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.

Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita mengatakan alasan desa Pasar Tati dijadikan lokasi penanaman pohon adalah dikarenakan desa tersebut berasa di sebelah aliran sungai dan rentan mengalami abrasi.

"Dengan penanaman ini diharapkan dapat meminimalisir abrasi di bantaran sungai Martapura," ucap Warsita

Selain itu Warsita juga menuturkan pohon yang ditanam juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menanam pohon produktif seperti jengkol, petai, dan lainnya.



"Pohon-pohon tersebut selain memiliki kekuatan tanaman dan nilai ekonomi, juga berfungsi sebagai penyangga dan pengikat tanah. Langkah ini diharapkan dapat efektif dalam mitigasi dan pengurangan risiko bencana berbasis vegetasi," ungkap Warsita.

Sementara Pambakal desa Pasar Jati Qozwini mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dari Pemkab Banjar.

"Insyaallah kami akan menjaga tanaman ini, bukan sekedar mengantisipasi bencana tapi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan tanaman produktif seperti ini," tutupnya.

Ada sembilan jenis pohon, termasuk bungur 300 batang, trembesi 1.500 batang, ketapang kencana 500 batang, cempedak 1.500 batang, jengkol 1.000 batang, Petai 1.000 batang, spathodea 200 batang, tabebuya kuning 200 batang, dan tabebuya ungu 200 batang.

Hadir juga pada penanaman tersebut Sekretaris BPBD Banjar, kepala KPH Kayu Tangi dan diikuti masyarakat desa Pasar Jati. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD/Mula/Man)


Komentar