Apresiasi Pengawasan Kearsipan, Dispersip Banjar Raih Penghargaan Terbaik II se-Kalsel

InfoPublik, Martapura – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar mendapatkan Penghargaan sebagai Peringkat II “Baik” pada kategori Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan berdasarkan Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022, di Grand Qin Dafam Banjarbaru, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam hal ini diwakili Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie diterima Kepala Dispersip Banjar dr. H Tofik Norman Hidayat.



Nurliani Dardie menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kearsipan dalam bentuk pemberian penghargaan untuk hasil pengawasan kearsipan terhadap Lembaga Kearsipan Daerah 13 Kabupaten/ Kota se -  Kalimantan Selatan.

“Arsip pada dasarnya adalah dokumentasi yang mengabadikan nilai guna suatu informasi. Namun, di era digital seperti saat ini, konsep arsip mengalami pergeseran paradigma menjadi basis data elektronik yang terhubung dalam jaringan daring,” ungkapnya

Nurliani menegaskan pentingnya pengawasan internal oleh lembaga kearsipan daerah terhadap SKPD dan pengawasan kearsipan eksternal oleh lembaga kearsipan daerah terhadap lembaga kearsipan kabupaten/kota tidak boleh diabaikan.

Ia menekankan peran lembaga kearsipan dalam mengontrol pencipta arsip agar tetap mengacu pada nilai, standar, prosedur, dan kriteria kearsipan.

“Terima kasih atas upaya dalam meningkatkan indeks dan kualitas kearsipan di Provinsi Kalsel. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi SKPD di Kalsel untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispersip Banjar Tofik Norman Hidayat menyambut baik atas dua penghargaan yang dia terima. Dia menuturkan bahwa selama ini pihaknya telah bekerja sesuai dengan tupoksi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel, Paman Birin yang sudah memberikan penghargaan kepada kami," kata Tofik.

Tofik menuturkan penghargaan yang didapatkan hari ini, akan menjadi pecutan motivasi bagi pihaknya untuk bekerja lebih baik lagi dalam meningkatkan minat baca dan literasi khususnya di Kabupaten Banjar.



Adapun penghargaan diberikan kepada : 

1.       Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banjarbaru sebagai Peringkat I.

2.       Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Sebagai Peringkat II.

3.       Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu Sebagai Peringkat III.

(IP. Kab. Banjar/Brigade/Nita/Man)


Komentar