Pemdes Simpang Tiga Ikuti Workshop Replikasi Subkomponen 2B P3PD

Mataraman, InfoPublik – Pambakal Desa Simpang Tiga ikut aktif terlibat dalam lokakarya replikasi Subkomponen 2B inisiatif dari Pelaksana Program Penguatan pemerintan dan pembangunan Desa (P3PD) yang menekankan pada peningkatan kapasitas masyarakat dan sistem akuntabilitas sosial. Upaya ini telah memasuki triwulan keempat tahun 2023, sehingga perlu adanya persiapan strategis untuk melaksanakan program replikasi pada tahun 2024 yang merupakan tahun berakhirnya program tersebut. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 8 November 2023 yang berlangsung di Aula Red Top Hotel Gambir, Jakarta Pusat.

 

Diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, di bawah Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, acara ini mempertemukan peserta dari Kepala Dinas terkait, Koordinator TAPM Kabupaten dan 80 Kepala Desa terpilih dari berbagai desa, termasuk perwakilan dari Desa Simpang Tiga, untuk berdiskusi dan menyusun strategi yang akan datang proses replikasi.

 

Fokus Subkomponen 2B dari inisiatif P3PD melibatkan peningkatan kapasitas masyarakat lokal dan memperkuat sistem akuntabilitas sosial. Lokakarya replikasi ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan strategi dan metodologi yang telah terbukti efektif dalam meningkatkan aspek-aspek tersebut. Ketika program ini hampir selesai pada tahun 2024, penekanannya terletak pada penyempurnaan strategi dan memastikan implementasi yang lancar dan efektif pada tahun terakhir.

 

Pambakal Desa Simpang Tiga, Ikromi, dalam sesi wawancara menyampaikan rasa bangganya dapat ikut serta terlibat menjadi bagian penting dari kegiatan ini. "Ini menjadi sebuah kebanggan bagi saya dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Lokakarya ini juga merupakan prestasi luar biasa Desa Simpang Tiga sebagai perwakilan dari Kabupaten Banjar. Hal ini dapat terwujud dari kerjasama dan partisipasi aktif dari masyarakat dalam membangun desa," ujarnya.

 

Acara ini memberikan wadah bagi pihak terlibat untuk belajar menyusun rencana komprehensif untuk tahun mendatang. Laporan ini menyoroti pentingnya inisiatif berbasis masyarakat dan peran mereka dalam mendorong pembangunan berkelanjutan dan akuntabilitas.

 

Keterlibatan dan partisipasi Desa Simpang Tiga dalam lokakarya ini menandakan dedikasi mereka dalam menerapkan solusi berkelanjutan dan komitmen mereka terhadap pertumbuhan dan perkembangan masyarakat, yang mencerminkan tujuan inisiatif P3PD yang lebih luas di tingkat nasional. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar