100 Peserta Ikuti Pembinaan Pelaporan RKO dan Ketersediaan Obat

Martapura, InfoPublik – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan Pembinaan Pelaporan dan Rencana Kebutuhan Obat (RKO) serta Ketersediaan Obat, di Hotel Roditha Banjarbaru, Selasa (7/11/2023).


Sebanyak 100 peserta terdiri dari Penanggung Jawab Ruang Kefarmasian (Apoteker), Penanggung Jawab UKPP (Dokter), dokter gigi, Penananggung Jawab Ruang Laboratorium dari 25 Puskesmas Kabupaten Banjar.


Kepala Dinkes Banjar drg. Yasna Khairina mengatakan kegiatan ini agar dapat membuat perencanaan obat yang baik, agar mencegah obat-obatan expired dan kekosongan obat untuk pelayanan kefarmasian.


“Diharapkan kebutuhan Obat-obatan dan Perbekkes di masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan (Puskesmas) terpenuhi dengan baik dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi semakin optimal, untuk meminimalisir penumpukan obat dan mengatasi adanya kekurangan obat-obatan di setiap puskesmas, serta untuk mendukung pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas kepada masyarakat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi belanja obat dan mempermudah akses masyarakat untuk memperoleh obat,” ungkap Yasna.


Hadir dalam kegiatan ini Kabid SDK Noripansyah, Kasi Farmalkes Asmadi dan Kepala Instalasi Farmasi kabupaten Banjar Syahrul. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar