Bimtek Pokjanal Posyandu Kecamatan dan Pokja Posyandu Desa di Mataraman

Mataraman, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Posyandu Desa di kecamatan Mataraman, Senin (23/10/2023) pagi.

 

Hadir Camat Mataraman Heryanto, Ketua TP PKK Kecamatan Ima Dewi serta Ketua Pokjanal Kecamatan Mataraman, Anggota Pokjanal Kecamatan Mataraman, Kepala Puskesmas Mataraman, seluruh Pambakal se Kecamatan Mataraman, seluruh Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Mataraman, seluruh Ketua Pokja Posyandu Desa se-Kecamatan Mataraman.

 

Tujuan Kegiatan ini adalah untuk mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja Posyandu yang secara operasional dilaksanakan oleh unit atau kelompok pengelola Posyandu di Desa , melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh Pokjanal Posyandu di Daerah.

 

Fungsi Pembinaan ada 3 aspek manajemen (aspek program, aspek kelembagaan, aspek personil atau sumber daya manusia pengelola Posyandu).

 

Pokjanal memiliki peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan ditingkat kelompok kerja dan tugasnya yaitu merencanakan dan dokumentasi kegiatan ditingkat Desa, Kabupaten hingga Provinsi.

 

Camat Mataraman Heryanto mengimbau untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pengelolaan Posyandu di Kecamatan Mataraman agar dapat terarah, terpadu dan terintegrasi melalui Pokjanal dan Pokja Posyandu baik di Kecamatan maupun di Desa serta meningkatkan peran Lintas Sekor.

 

“Melalui Pemberdayaan Masyarakat terkait penurunan angka kematian ibu, bayi maupun anak balita serta tugas untuk melakukan gerakan yang terkait penanggulangan, percepatan, dan penanganan stunting,” tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar