Sasar Pelaku Usaha Mikro di Mataraman, DKUMPP Banjar Fasilitasi Pembuatan NIB

Mataraman, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar menggelar Pendataan Potensi dan Pengembangan Usaha Mikro melalui Sosialisasi Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Online Single Submission (OSS) bagi Pelaku Usaha Mikro di kecamatan Mataraman.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris DKUMPP Banjar Linda Yuniarti didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi PM) Kecamatan Mataraman Desi Eliza dan Analis Dokumen DPMPTSP Banjar Nida Elhaque, di aula kecamatan Mataraman, Kamis (12/10/2023) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti 40 anggota kelompok inklusif/pelaku Usaha Mikro yang belum memiliki NIB di wilayah kecamatan Mataraman.



Linda Yunianti mengatakan tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman tentang pentingnya NIB dan OSS digital untuk mendapatkan kemudahan legalitas usaha serta dokumen lainnya seperti NPWP badan atau perorangan.

Menurut Linda, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya nomor induk berusaha bagi para pelaku usaha yang disebabkan asumsi masyarakat yang menganggap untuk mengurus izin dan legalitas usaha membutuhkan waktu yang panjang dan merupakan hal yang rumit.

"Maka hal itu DKUMPP Banjar mengajak pelaku usaha di kecamatan Mataraman dapat memanfaatkan kegiatan ini agar nantinya lebih mudah mendapatkan modal usaha sehingga investasi usaha dapat terjamin," ucap Linda.

Linda juga menambahkan untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro agar dapat permodalan, di mana salah satu persyaratan untuk dapat permodalan adalah dengan adanya legalitas usaha yang ditunjukkan dengan NIB.

Sementara Kasi PM Desi Eliza berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku usah mikro di kecamatan Mataraman untuk mendapatkan legalitas usahanya.



"Semoga dengan adanya kegiatan ini semua pelaku usaha mikro di kecamatan Mataraman bisa mendapatkan NIB dan sebagai syarat untuk dapat mempermudah akses dalam mendapatkan modal usaha sehingga bisa meningkatkan investasi," tutupnya.

Adapun narasumber pada kegiatan ini Kabid Usaha Mikro DKUMPP Kabupaten Banjar Noor Ellyza Rakhmawati. (IP Kab. Banjar/Brigade Mataraman)


Komentar