Distan Banjar Gelar Rakor Pembuatan Pestisida Nabati

Martapura, InfoPublik - Menjadi alternatif pengendalian hama yang aman Pestisida Nabati memberikan keuntungan ganda selain menghasilkan produk yang aman juga lingkungan tidak tercemar.

Dalam hal ini Dinas Pertanian (Distan) Banjar melalui Bidang Penyuluhan Pertanian menyelenggarakan rapat koordinasi (Rakor) materi pembuatan pestisida nabati, di Aula Dinas Pertanian, Rabu (4/10/2023).

Kegiatan dihadiri Kabid Penyuluhan Pertanian Retno Sri Wurwani, Para Penyuluh se-Kabupaten Banjar dan Narasumber dari Kementan Pati Jawa Tengah Kepala Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian Eni Yulianingsih.

Retno Sri Murwani menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah penambahan kapasitas tentang biopestisida bukan hanya teori materi tapi langsung praktek, harapannya mudahan nanti apa yang disampaikan menjadikan manfaat bagi kita semua.

Sementara Eni Yulianingsih mengatakan menggunakan Biopestisida atau Pestida Nabati di antaranya selain harganya yang murah, mudah didapat melimpah di alam. Mudah terurai (terdegradasi) sehingga aman bagi manusia, hewan dan ramah lingkungan. 

"Menghasilkan produk pertanian yang lebih aman dari cemaran bahan kimia dan kesehatan tanah lebih terjaga," terangnya.

Pada kesempatan ini dilaksanakan praktek langsung menggunakan daun mahoni, kunyit dan air 1 kg daun / 3 liter air, untuk daun direbus dulu baru disaring karena dengan direbus nanti ada senyawa-senyawa yang berasal dari tanaman tersebut akan keluar kemudian diamkan selama 24 jam. (IP Kab. Banjar/Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar