Kemarau Diprediksi Sampai Oktober, BPBD Imbau Waspada Karhutla

Martapura, InfoPublik - Tim gabungan di posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan kekeringan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Sabtu (9/9/2023) siang, kembali lakukan penanganan karhutla. 

Karhutla yang terjadi di tiga desa dimaksud yakni di Jalan Serai Agung Desa Indrasari dan Tungkaran Kecamatan Martapura, serta Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat. 

Di tiga desa tersebut tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI, EBR, Tagana, RAPI, PMI, dan BPK Datu berhasil meminimalisir luasan lahan yang terbakar. Data yang tercatat pada laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PusdalopsPB). Desa Indrasari 0,6 hektare, Sungai Batang 0,5 hektare dan Tungkaran 0,2 hektare.

Sementara vegetasi yang terbakar di 3 desa tersebut adalah semak belukar dan pepohonan. 

Terpisah, beberapa waktu lalu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita saat di Stadion Demang Lehman menyebut, sesuai prediksi BMKG musim kemarau masih berlangsung hingga bulan Oktober mendatang. Untuk itu ia mengimbau kepada semua pihak agar waspada akan karhutla serta dampak yang ditimbulkannya.

" Agar warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar dan membuang puntung rokok sembarangan yang masih ada apinya. Sebenarnya kebakaran ini kan ada yang disengaja dan ada yang tidak," tutupnya. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar