Yayasan Kanker Indonesia Sharing Informasi Bagi Karyawan Disbudporapar

Martapura, InfoPublik - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar kedatangan tamu dari Yayasan Kanker Indonesia yang melaksanakan sosialisasi tentang penyakit kanker di aula kantornya, Martapura, Jumat (8/9/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya, Sekretaris Slamet Riyanto, Kabid Kepemudaan Noor Syawli Syahri serta seluruh ASN dan PTT Disbudporapar. 

Irwan Jaya menyampaikan betapa pentingnya sosialisasi penyakit kanker ini. Dengan adanya sosialisasi ini kita bisa mendeteksi apakah ada potensi penyakit kanker yang bisa mengidap di tubuh kita serta bagaimana mencegah agar kanker tidak tumbuh atau berkembang di tubuh. 

Sebagai narasumber Ike Purwantine dari Yayasan Kanker Indonesia menyampaikan bahwa tujuan adanya sosialisasi ini yaitu memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat khusunya para pegawai di instansi tentang penyakit kanker,mengenali secara dini gejala awal kanker prostat, serviks dan payudara serta bagaimana cara sehat dan hemat dalam menghindari penyakit kanker. 

"Kanker merupakan suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal (abnormal) yang berawal dari penyakit tumor entah itu ganas atau jinak," jelasnya.

Ike juga menambahkan bahwa ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit kanker di antaranya genetik/keturunan, faktor kimia/fisika, makanan dan minuman, serta cara pengolahan makanan yang salah.

Tetapi meskipun penyakit kanker dikategorikan penyakit berat atau keras tetap kita bisa hindari dengan berbagai macam cara antara lain: 

- Lakukan pola makan yang sehat dan teratur
- Konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti buah sam sayur
- Hindari makanan yang berlemak tinggi
- Hindari makanan yang mengandung zat pengawet
- Lakukan olahraga secara teratur
- Melakukan imunisasi anti kanker
- Serta mengkonsumi tumbuhan alami yang mengandung anti kanker.

(IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar