Cegah Ekstremisme Bakesbangpol Gelar Sosialisasi di Beruntung Baru

Martapura, InfoPublik - Dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) Tahun 2020-2024.

 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar, melaksanakan Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada Terorisme, di Aula Kecamatan Beruntung Baru (24/8/2023).

 

Sekretaris Kecamatan Beruntung Baru Zulkifli menyampaikan terima kasih telah memberikan sosialisasi di Desa kami.

 


“Saya berharap forum ini mampu memberikan masukan-masukan strategis tentang bagaimana mengoptimalkan penyebaran nilai-nilai wasathiyah untuk melawan paham radikal-terorisme, sebagai upaya mencegah ekstremisme dan terorisme,”ucap Zulkifli.

 

Kabid Wasnas Makmur mewakili Kepala Badan bakesbangpol menyampaikan Perpres Nomor 7 Tahun 2021 tentang RAN (PE) berbasis kekerasan yang mengarah pada Terorisme. Sebagaimana diketahui perkembangan kejahatan terorisme global telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan baik modus, kuantitas maupun kualitasnya. Indonesia tidak lepas dari sasaran terorisme. Terungkap fakta adanya keterkaitan jaringan militan lokal dengan jaringan internasional.

 

 "Selain ancaman terorisme ancaman non tradisional lainnya yang muncul saat ini telah merebak pula lewat pintu sendi kehidupan bangsa," jelas Makmur.

 

Ditegaskan Makmur, kita harus bergotong-royong bersama untuk melawan radikalisme dan terorisme, masyarakat di desa sebagai ujung tombak pemerintahan harus banyak membuat berbagai forum penyadara waspada Dini.

 

“Pemerintah Indonesia menyikapi fenomena terorisme secara arif, menganalisis berbagai aspek kehidupan bangsa saat ini guna memerangi aksi terorisme bersama dan selalu menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

 


Sementara itu Narasumber dari Kodim 1006/Banjar Wagirin menyampaikan materi menjaga toleransi untuk meminimalisir konflik di masyarakat. Sedangkan Anang Parjono Rijali dari Polres Banjarbaru menyampaikan bagaimana peran Polri melindungi dan menjaga Kamtibmas mencegah paham radikalisme serta terorisme. (IP Kab. Banjar/Yati /Brigade /Kesbangpol).


Komentar