Dinkes Banjar Monitoring Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Martapura, InfoPublik - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN Handil Purai 1 Kecamatan Beruntung Baru, Rabu (23/8/2023).

 

Kegiatan tersebut bertujuan memantau pelaksanaan kegiatan imunisasi Measles Rubella (MR) untuk kelas 1 dan imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) untuk kelas 5.

 

Sasaran BIAS adalah peserta didik kelas 1,2,5 dan 6 SD/MI/sederajat dan anak usia sekolah yang tidak bersekolah yang bertujuan untuk mencegah penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kankes leher Rahim yang merupakan masalah Kesehatan di Indonesia.

 

Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki Riwayat imunisasi rutin lengkap, tidak haya imunisasi saat bayi dan di bawah usia 2 tahun, tetapi juga harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada anak sekolah tingkat dasar.

 

Secara khusus pemberian imunisasi anak sekolah ini bertujuan untuk :

1.    Meningkatkan kekebalan usia anak sekolah terhadap penyakit campak, rubella, difteri, tetanus

2.    Memberikan kekebalan bagi anak usia sekolah terhadap penyakit kanker leher Rahim

3.    Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kankes leher Rahim.

 

Selain itu bersama-sama mengawal implementasi SKD 4 Menteri (Kemenkes, Kemedikbudristek, Kemenag dan Kemendagri) BIAS Bergizi dengan penyelenggaraan pemeriksaan status imunisasi, wajib dilaksanakan oleh Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah/bentuk lainnya yang sederajat untuk memastikan kelengkapan imunisasi setiap peserta didik, berdasarkan catatan Riwayat imunisasi yang dikeluarkan oleh fasilitas pelayanan Kesehatan, kemudian hasil pemeriksaan Riwayat disampaikan kepada Puskesmas untuk ditindaklanjuti dalam bentuk pemetaan status imuisasi, pemberian rekomendasi dan atau pelaksanaan imunisasi.

 

Dan juga kegiatan ini terintegrasi dengan pembagian obat cacing yang dilaksanakan oleh petugas puskesmas, Adapun hasil capaian kegiatan tersebut Sasaran MR 28 yang diimunisasi 27 anak (96.43%), Sasaran HPV 12 yang diimunisasi 12 anak (100%), Capaian kecacingan kelas 1 s/d 6 adalah 100% dan Capaian penyaringan kelas 1 s/d 6 adalah 100%. (IP Kab. Banjar/Brigade Dinkes)


Komentar