Grup ARM 02 Asal Sungai Tabuk Juarai Lomba Balogo Kabupaten Banjar 2023

Martapura, InfoPublik - Grup Balogo ARM 02 dari Desa Sungai Pinang Lama Kecamatan Sungai Tabuk berhasil keluar sebagai pemenang pada Lomba Olahraga Tradisional Balogo Antar Komunitas se-Kabupaten Banjar yang digelar di Jalan Kenanga Alun-Alun Ratu Zaleha Martapura, Selasa (23/8/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar bersama Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia (Pergosi)  ini diikuti 50 Komunitas Balogo se-Kabupaten Banjar.



Dalam waktu kurang lebih 9 jam perlombaan dimulai pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore, akhirnya Grup Balogo ARM 02 berhasil mengalahkan para pesaing-pesaingnya.

Abdul Rizal Pemain balogo dari Grup ARM 02 seusai perlombaan mengutarakan rasa bahagianya atas Juara 1 Lomba Olahraga Tradisional Balogo. 

“dalam mengikuti lomba ini kami hanya mempersiapkan mental serta beberapa kali latihan, serta mengatur strategi bersama tim agar dalam lomba nanti kami tidak merasa nervous atau gugup," ujar Abdul Rizal.

Sementara, Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya bersama dengan Kepala Bidang  dan Kepala Seksi Bidang Olahraga menyerahkan hadiah tropy dan uang pembinaan bagi para juara. 



Irwan Jaya menyampaikan selamat kepada para pemenang, semoga dengan perlombaan yang dilaksanakan ini bisa menjaga kelestarian Balogo dan semoga tahun depan lebih meriah lagi dan bisa diikuti oleh para generasi muda sehingga Balogo tidak akan punah sebagai Olahraga Tradisional.

Adapun para juara-juaranya yaitu

1. Juara Pertama Grup ARM 02 dari Sungai Pinang Lama.

2. Juara Kedua Grup Mata Dewa dari Lok Baintan Dalam.

3. Juara Ketiga Grup Putra F dari Lok Baintan Dalam.

4. Juara Keempat Grup Manis 02 dari Lok Baintan Dalam.

5. Juara Kelima Grup Terapung dari Lok Baintan Luar.

6. Juara Keenam Grup Gitar Tua dari Lok Baintan Dalam.

(IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar