Karhutla di Penjambuan, Lahan 2 Hektare Terbakar

Martapura, InfoPublik - Menggunakan sarana 1 (satu) unit mobil pick up, 1 unit truk tangki, mesin alkon, 4 (empat) roll selang dan kepyok.

Tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar lakukan penanganan pada kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Desa Penjambuan Kecamatan Sungai Tabuk, Senin (21/8/2023) siang. 

Tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI dan warga setempat lakukan penanganan terhadap kobaran api yang membakar semak belukar, bindrang hingga pohon galam. 

Meski sempat terkendala karena kesulitan mendapatkan sumber air, namun kobaran api akhirnya bisa dipadamkan oleh tim setelah hampir 2 jam penanganan. 

Laporan tim gabungan di lapangan menyebut, penanganan api dimulai pada pukul 13.30 wita dan berakhir pukul 16.12 Wita. Sementara luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar Warsita pada rakor mingguan Senin pagi menyebut, sejauh ini total titik api di Kecamatan Martapura Barat sebanyak 35, Cintapuri Darussalam 33, Martapura berdekatan dengan bandara 26, dan beberapa di Sungai Tabuk serta Astambul.

" Strategi penanggulangan dengan patroli rutin dari posko gabungan berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk memadamkan titik api. Melakukan identifikasi lahan yang berpotensi titik api dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat," jelasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar