Tingkatkan Partisipasi Pemilu Serentak, Bakesbangpol Gelar Forum Diskusi Politik

Martapura, InfoPublik - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar menggelar kegiatan Forum Diskusi Politik dengan tema “ Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024” bersama Anggota BPD, Tokoh masyarakat, Karang Taruna, dan Kader PKK dari Kecamatan Kabupaten Banjar, di Aula Bakesbangpol, Martapura, Rabu (16/8/2023).

Hadir dalam acara tersebut narasumber dari  Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Muhammad Kidwa, Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Banjar Ridho Munawir. Selaku moderator Rusydah Kabid Politik dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Banjar.

“Kegiatan Forum Diskusi Politik diselenggarakan sebagai bagian dari pendidikan politik mutlak diperlukan untuk mendukung upaya rekrutmen politik yang efektif dalam rangka menghasilkan kader-kader partai yang memiliki pengetahuan dan pemahaman bidang politik," ujar Rusydah.



Selain itu dikatakannya, kegiatan ini sangat positif dalam upaya kita menyongsong penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 yang aman dan tertib, serta bagian dari upaya memberikan pendidikan dan pemahaman masyarakat dalam menjalani proses politik dan berdemokrasi, dengan memperhatikan norma-norma dan kaidah yang ada, beretika dan santun, serta tetap berpegang teguh pada falsafah dan kepribadian bangsa.

"Menjadi harapan kita semua, semoga proses demokrasi yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan dasar negara Pancasila dapat kita wujudkan dengan sebaik-baiknya,” terangnya.



Dalam forum ini Ridho Munawir menyampaikan bahwa prosentase pemilih dalam pilkada yang lalu masih dibawah 65% masih rendah. Nara sumber juga menyampaikan pentingnya keterlibatan anak muda dalam kegiatan politik, jangan sampai anak muda menjadi apatis terhadap politik.

"Sukses Pemilu adalah tanggung jawab kita bersama, pemerintah, aparatur penegak hukum, serta masyarakat pada umumnya juga turut menjadi kunci," ucap Ridho.

Untuk itu Ia berharap kepada perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Banjar dan Peserta yang berhadir agar memberikan dukungan penuh dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 sesuai tugas dan fungsi masing-masing. (Brigade/yati/Bakesbangpol)


Komentar