Kirab Budaya dan Seni Kreasi Perguruan Pencak Silat se-Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Kegiatan kirab budaya dan seni kreasi perguruan silat Kabupaten Banjar dibuka Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring, di halaman Kantor Kecamatan Martapura Timur, Minggu (13/8/2023).

Tampak antusias ribuan para peserta mengikuti kirab budaya dan seni kreasi perguruan silat, yang digelar Karang Taruna dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banjar, juga peserta datang dari Kita Banjarbaru.



Ketua Pelaksana Sersan Kepala Kasno mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka Hari Jadi ke-73 Kabupaten Banjar dan memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Diikuti karang taruna dan perguruan pencak silat kurang lebih jumlah 1.300 orang,  rangkaian kegiatan kirab jalan santai ziarah ke makam para alim Ulama juga bakti sosial 

Dengan harapan,  adanya kegiatan seperti ini, dapat turut serta memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Selain itu juga dapat mempererat tali silaturahmi antara Karang Taruna dan seluruh perguruan silat di IPSI Kabupaten Banjar,” ujarnya

Sementara, Dandim 1006/Banjar Letkol Kav. Zulkifer Sembiring sekaligus membuka acara tersebut mengatakan bahwa sebagai Warisan Leluhur bahwasannya Pencak Silat merupakan jati diri dari bangsa Indonesia sepantasnya Pencak Silat perlu diajarkan kepada Generasi Muda kita demi menjaga kelestarian Pencak Silat itu sendiri.



Disadari atau tidak saat ini para generasi muda kita lebih senang menyalurkan kesenangan dan menghabiskan waktu pada Gadget. Boleh dikata sangat kecil bahkan tidak ada kepedulian terhadap Budaya Warisan / Nenek Moyang kita yang salah satunya pencak silat ini . 

Oleh Karena Itu, Melalui Kesempatan Ini Saya Ucapkan Terimakasih Kepada Ikatan Pencak Silat Indonesia Yang Telah  Meluangkan Waktu, Tenaga Dan Pikiran Nya Untuk Melestarikan Pencak Silat Di Kab. Banjar Dengan Mengadakan Kirab Budaya Dan Seni Kreasi Perguruan Pencak Silat. 

Suatu Hal Yang Penting Dalam Kegiatan Kirab Budaya Dan Seni Kreasi Perguruan Pencak Silat Kab. Banjar Adalah Semangat Untuk Mempererat Persatuan  Dan Kesatuan Bangsa Serta Saling Mengenal Antar Perguruan Silat Di Kab. Banjar. " Ungkapnya"

Melalui kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kirab budaya dan seni kreasi perguruan silat oleh IPSI Kabupaten Banjar,” tutupnya.



Menambah semangat para peserta yang mengikuti, Karang Taruna dan IPSI Kabupaten Banjar juga membagikan bermacam doorprize menarik bagi peserta yang beruntung.

Kegiatan ini dihadiri, Camat Martapura Timur Guslan, Anggota  DPD RI Pusat Habib Abdurahman Ba,asim, KONI Kabupaten Banjar, NU, Polsek Martapura Timur, Ketua Organisasi, Tokoh Masyarakat dan perguruan silat se-Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. 


Komentar