Tanamkan Perilaku Positif Kepada Anak Usia SD Melalui Kebiasaan Membaca

Martapura, InfoPublik - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar melalui Bidang Perpustakaan bersinergi dengan Polres Banjar melalui Satuan Pembinaan Masyarakat kedatangan tamu para pemustaka cilik dari SDN Sungai Alang 2, yang sangat antusias dengan kegiatan  “Pemasyarakatan Minat dan Kebiasaan Membaca Melalui Kegiatan Story Telling”.

Suasana kali ini sangat santai karena bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar bersama dengan Bunda Enik dan Nunung Salma dari Kampung Dongeng Martapura. Kali ini Bunda Enik membawakan Cerita berjudul  “Ayo Ke Perpustakaan”. Melalui cerita ini, bunda Enik menyampaikan pesan kepada anak-anak hebat dari SDN Sungai Alang 2 untuk rajin ke Perpustakaan karena di sana terdapat banyak buku yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan. Kamis, (10/8/2023)

Kegiatan kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Banjar dengan Satbinmas Polres Banjar disambut dengan sangat antusias. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk kebiasaan membaca kepada anak-anak usia dini. Kebiasaan membaca sangat bermanfaat bagi anak karena memberikan dampak positif, salah satunya adalah menstimulasi kualitas memori, melatih kemampuan analisis serta melatih untuk menulis dengan baik. 

Tamu Pemustaka Cilik dari SDN Sungai Alang 2  kali ini berjumlah 46 orang didampingi oleh 4 guru. “Alhamdulilah, kegiatan ini sangat menyenangkan, para murid senang dengan kegiatan ini karena memberikan suasana belajar baru bagi para siswa. Untuk sekolah yang berada di desa, perpustakaan Kab. Banjar memberikan fasilitas yang sangat disenangi siswa. Kami para guru juga merasa sangat disambut baik di sini.” ujar Ibu Tajuddidah, Kepala Sekolah dari SDN Sungai Alang 2 

“Semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus dan dilakukan secara kontinu. Manfaat kegiatan ini sangat positif, karena kebiasaan membaca yang ditanamkan kepada anak sejak dini dapat mencegah perilaku negatif yang terjadi di masa yang akan mendatang.” ujar Pak Sofyan selaku kasat Binmas Polres banjar bersama tim dari Binmas Kabupaten Banjar yang terdiri dari Om Mahmud, Ka Desi dan Bu Lia.

Pemasyarakatan Minat dan Kebiasaan Membaca Melalui Kegiatan Story Telling ini merupakan kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang dikepalai oleh Kepala Dinas dr Tofik Norman Hidayat, melalui Bidang Perpustakaan dengan Kepala Kadispersip Kab. Banjar melalui Sekretaris Ari Mauluddin Akbar, berharap kepada para sekolah di Kab. Banjar untuk menjadikan kunjungan ke perpustakaan menjadi suatu agenda rutin dari kegiatan sekolah agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan serta meningkatkan minat dan kebiasaan membaca untuk anak usia sekolah dasar. (IP.Kab.Banjar/Brigade/Dispersip/Zulfi)


Komentar