Dispersip Gelar Lomba Literasi Keluarga 2023

Martapura, InfoPublik  - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar menggelar Lomba Literasi Keluarga dengan tema ”Pencegahan Stunting” di Aula Demang Lehman Dispersip Banjar, Rabu (9/8/2023).

Adapun tujuan mengambil tema Pencegahan Stunting adalah untuk turut menyukseskan program penanganan pencegahan kasus Stunting khususnya di Kabupaten Banjar.

Dispersip mempunyai koleksi buku yang berkaitan dengan pencegahan stunting hulu ke hilir, mulai dari pencegahan pernikahan dini hingga penanganan tumbuh kembang anak. Keluarga adalah garda terdepan yang memiliki peran besar dalam pencegahan stunting. Dengan diadakannya lomba ini, diharapkan angka stunting di Kabupaten Banjar dapat terus turun.

Kepala Dispersip Banjar, dr. Tofik Norman Hidayat mengatakan Lomba Literasi Keluarga tahun 2023 dengan tema pencegahan stunting, peran keluarga sangat penting dalam pencegahan stunting, salah satunya adalah dengan memberi asupan makanan bergizi untuk tumbuh kembang anak, serta pencegahan pernikahan dini.

Peserta lomba Literasi Keluarga tahun 2023 berasal dari kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar dengan beragam profesi, mulai dari tenaga pendidik hingga ibu rumah tangga. Peserta membawakan cerita bertema pencegahan stunting dikemas dengan beragam kreativitas, alat peraga dan bahasa yang dapat diceritakan kepada anak-anak. Beberapa cerita tersebut memiliki pesan moral antara lain adalah dengan rajin makan makanan bergizi, rajin berolahraga.

Juara pertama Lomba Literasi Keluarga adalah Perwakilan dari Kecamatan Gambut Maulida Hayato yang membawakan cerita berjudul Isi Piringku Warna-warni, Juara Kedua adalah Izmah dari Kecamatan Kertak Hanyar, Juara Ketiga Maria Ulfah dari Kecamatan Tatah Makmur. Selain juara utama, ada juara harapan yang jatuh kepada Rusda Hartati dari Kecamatan Sungai Tabuk, Ratih Wijayanti dari Karang Intan, dan Noor Rakhmah dari Kecamatan Martapura. (IP. Kab. Banjar/Brigade/Dispersip/Zulfi)


Komentar