Dibantu Heli Water Boombing, Tim Gabungan BPBD Lakukan Pemadaman Karhutla

Martapura, InfoPublik - Posko terpadu penanganan darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Martapura Barat memantau titik api yang terjadi di desa Antasan Sutun, Rabu (9/8/2023).

Melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar bersama Polsek, Koramil, dan Kecamatan langsung ke lokasi untuk melakukan penanganan. 

Kepala Pelaksana BPBD Warsita mengatakan titik api cukup banyak dan tersebar dibeberapa lokasi.

"Awalnya dilakukan penanganan darat dan mengalami kesulitan dikarenakan banyaknya sebaran api. Dikarenakan hal tersebut, anggota TRC BPBD pun melalui koordinasi dengan pusdalops meminta bantuan heli water boombing," ujar Warsita.

Penanganan di lapangan dibantu juga oleh BPBD Provinsi Kalimantan Selatan (Personil Satgas Udara/Heli WB) karena api meluas ke tengah, tidak ada sumber air, angin bertiup cukup kencang, dan tidak ada akses roda 4 untuk mendekati lokasi titik api. 

Titik api berhasil dipadamkan dengan luasan lahan terbakar sekitar ± 10 Ha dengan vegetasi yang terbakar semak belukar, binrang dan juga pohon galam. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar