Kuatkan Mental, Kaban Kesbangpol Bekali Calon Paskibraka Wawasan Kebangsaan

Martapura, InfoPublik- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar Safrin Noor, memberikan pembekalan Implementasi Pancasila kepada calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023, di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Minggu (6/8/2023).

Kegiatan itu dilakukan selama Tiga Belas Hari mulai tanggal 3 Agustus hingga 15 Agustus 2023. Semua calon Paskibraka diberikan materi wawasan kebangsaan untuk bekal ke tingkat yang lebih tinggi.

Adapun maksud kegiatan itu adalah memberikan keterampilan dan kedisiplinan menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air persatuan dan kesatuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan para generasi muda dan menyiapkan generasi yang berkarakter.

Kepala Bakesbangpol Safrin Noor mengatakan kegiatan yang dilakukan adalah membentuk karakter untuk menjadi jiwa pemimpin yang berwawasan kebangsaan.



“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu kebangsaan kepada generasi muda khususnya calon Paskibraka,” terang Safrin.

Selain itu juga, Safrin menerangkan kegiatan ini juga mempersiapkan generasi muda yang memiliki kepribadian dan mental yang bersumber pada nilai-nilai kebangsaan.

“Mencetak generasi muda yang berideologi Pancasila dan berwawasan kebangsaan. Mengembangkan sikap nasionalisme dalam menghadapi globalisasi,” lanjut Safrin.

Safrin berharap anak-anak muda (milenial) dibekali ilmu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Ia juga berpesan kepada semua peserta Paskibraka jangan pernah mencoba mengenal narkoba, hindari orang yang pengguna narkoba serta jangan berteman dengan orang pemakai narkoba karna itu dapat merugikan kita sendiri.



“Safrin juga mengingatkan agar para calon paskibraka selalu mengingat 4 Pilar Wawasan Kebangsaan dalam kehidupan sehari hari terkait dengan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI," pesannya.

Diakhir pemberian materi Kepala Badan Bakesbangpol melanjutkan sesi tanya jawab kepada peserta paskibraka mengenai materi yang disampaikan juga pesan-pesan yang penting terkait larangan narkoba. (Brigade/Bakesbangpol/yati)


Komentar