Hari Kedua, 27 Calon Paskibraka Dilatih PBB dan Fokus Gerakan di Tempat

Martapura, InfoPublik - Sebanyak 27 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banjar telah menjalani Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) atau masa Karantina. 

Pada hari kedua ini mereka dipersiapkan jadi petugas Paskibraka Kabupaten Banjar pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.



Pelatih Paskibraka Peltu Gunawan, Peltu Kurnia, dan Iptu M Kasyaf  langsung tancap gas memberikan pendidikan Peraturan Baris Berbaris (PPB). Lokasi latihan berlangsung di halaman Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Sabtu (5/8/2023).

Karantina Paskibraka Kabupaten Banjar ini, dibawah arahan Kepala Bidang (Kabid) Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya, Agama Joko Sutrisno.

Saat penutupan latihan di hari kedua, Pelatih Paskibraka  menyampaikan informasi terkait menu latihan Paskibraka di hari kedua ini.



“Hari kedua latihan diawali materi PBB dasar dan langsung praktik,” jelasnya, ditemui lokasi latihan di halaman Guest House Sultan Sulaiman Martapura

Dikatakan dalam praktiknya, yakni latihan aba-aba PBB dengan gerakan di tempat dan berpindah tempat.

 “Untuk hari ini, menu latihan yang kita berikan adalah gerakan di tempat dan sekaligus gerakan berpindah tempat. Itu yang kita ulang-ulang sejak pagi sampai dengan selesai,” jelasnya.

Menurutnya,Peltu Gunawan teori dasar PBB sejatinya sudah dipahami para anggota Calon Paskibraka sehingga butuh penyesuaian kekompakan.



“Karena ini masih awal-awal tentu masih banyak kekurangan dan butuh penyesuaian. Diharapkan di waktu tersisa kurang lebih 10 hari ke depan agar calon Paskibraka bisa menuai hasil yang maksimal hingga di acara puncak pada 17 Agustus 2023 mendatang," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Bakesbangpol/Yati)


Komentar