Vegetasi Belukar dan Galam, 2 Hektare Lahan Terbakar di Sungai Rangas Ulu

Martapura, InfoPublik - Terpantau titik hotspot Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) di wilayah Sungai Rangas Ulu kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Sabtu (5/8/2023) siang.

Informasi tersebut terpantau dari Posko Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Warsita menginstruksi anggota yang stand by di posko agar merapat ke lokasi.

" Titi gabung yang berisikan dari BPBD Kab. Banjar, Koramil Martapura, Polsek Martapura Barat, Manggala Agni Daops Banjar dan MPA Martapura Barat," ucap Warsita.

Sesampainya di lokasi diterangkan Warsita titik hotspot sudah mulai membesar dan sudah membakar lahan yang memiliki vegetasi Semak Belukar, Purun, Binrang dan pohon galam.

Dijelaskannya, pemadaman dilakukan menggunakan satu unit mesin alkon, selang dan peralatan pendukung lainnya. Selain melakukan pemadaman menggunakan alat, pemadaman juga dilakukan secara manual menggunakan kepyok dan juga jetshooter.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih 2 hektare dengan lama penanganan satu jam lebih atau lebih tepatnya dari pukul 11.05 s.d 12.45 wita," tutup Warsita. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar