27 Anggota Paskibraka Kabupaten Banjar Memasuki Masa Karantina

Martapura, InfoPublik - Disiplin tinggi, mental baja, jiwa kebangsaan dan ketahanan fisik akan menjadi menu utama bagi 70 remaja putra dan putri anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Banjar, di Guest House Sultan Sulaiman, Kamis (3/8/2018).

Mereka mulai memasuki karantina dan dididik menjadi paskibraka dengan bermukim selama 12 hari di Guest House Sultan Sulaiman Martapura. 



Selama kegiatan tersebut, mereka akan ditempat dengan pengetahuan utama baris berbaris dan melaksanakan formasi pengibaran bendera pusaka untuk upacara bendera HUT ke-78 RI di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura.

Lebih dari itu, mereka akan dididik wawasan kebangsaan dan bela negara oleh para narasumber dari Kodim maupun dari Purna Paskibraka Indonesia Kab. Banjar. Berbagai materi tentang kedisiplinan dan pembentukan karakter pemuda Indonesia juga menjadi menu keseharian mereka. Empat pelatih utama dari Kodim Banjar dan Polres Banjar disiapkan untuk mereka.

Dalam Pelaksanaan  Karantina Sekretaris Bakesbangpol yang mewakili Kepala Badan  mengatakan, selama 16 hari tersebut, para anggota paskibraka akan terus berada di barak atau mess untuk memberikan kondisi disiplin tinggi.

“Mereka dikarantina untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan di antara anggota paskibraka itu sendiri. Semua materi pembekalan telah dipilih agar bermanfaat saat mereka menjalankan tugas,” ungkap Wasis usai menerima para anggota Paskibraka Kab. Banjar.

Para anggota Paskibraka Kab. Banjar saat memasuki lapangan Guest House Sultan Sulaiman Martapura.

Sesaat sebelum memasuki karantina, mereka menjalani pemeriksaan kesehatan. Juga pendataan catatan kesehatan. Mereka juga mendapatkan perlengkapan pribadi mulai alat tidur sampai alat mandi dan Menginap dalam Guest House Sultan Sulaiman .

Ade Anjalica Natishya Salah satu anggota Paskibraka Kab. Banjar dari SMA Banua Kab, Banjar  mengaku bangga bisa bergabung dengan tim ini. “Sangat bangga bisa mmbawa nama sekolah. Harapannya, saya dan anggota Paskibraka yang lain bisa kompak dan bertugas dengan sempurna dari hari H pelaksanaan,” kata Ade.



Para anggota Paskibraka Kabupaten Banjar saat upacara penerimaan di halaman Guest House Sultan Sulaiman Martapura.

Ke-27 anggota paskibraka adalah hasil dari seleksi yang telah dilaksanakan pada Maret lalu. Mereka menyisihkan ribuan remaja lain untuk menjadi pengibar bendera pusaka ini. Sebanyak Empat orang remaja lain dalam seleksi ini dikirim ke provinsi untuk menjadi Paskibraka Provinsi Kal-Sel dan akan bertugas pada  HUT ke-78 RI (Brigade/Bakesbangpol/Yati)


Komentar