Sanggar Kemilau Intan Kabupaten Banjar Raih Juara Umum FKTD Kalsel 2023

Banjarmasin, InfoPublik - Sanggar Kemilau Intan  Kabupaten Banjar rebut Juara Umum Festival Karya Tari Daerah (FKTD) Kalimantan Selatan Tahun 2023. Pelaksanaan lomba bertempat di Mahligai Pancasila Kota Banjarmasin, Sabtu (29/7/2023)

Turut hadir mendampingi peserta Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan,  Hj. Maghrisya beserta para staf.



Maghrisya mengatakan bahwa Sanggar Kemilau Intan merupakan perkumpulan tari binaan dari Disbudporapar Kabupaten Banjar. 

“Untuk tahun ini Sanggar Kemilau Intan dipercaya untuk mengikuti FKTD 2023. Dengan persiapan yang cukup matang, ditambah dukungan tempat latihan dan kontribusi lainnya, Alhamdulillah hasil yang diraih melebihi dari target yang ingin dicapai," ucapnya.

Dijelaskannya, kami menyaksikan secara langsung seluruh peserta ada 11 grup lomba FKTD yang berasal dari Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan. Semua peserta tampil dengan sangat bagus. Ditambah lagi beberapa tahun ke belakang selalu dijuarai oleh Kabupaten lain seperti Kotabaru dan Barito Kuala.

"Namun melihat penampilan dari Sanggar Kemilau Intan yang mengangkat tema Legenda Nisan Berlumur Darah yang cukup terkenal di Kabupaten Banjar maka kami optimis bisa masuk 3 besar dan ternyata malah menjadi juara umum," ungkapnya.

Dengan hasil ini maka Sanggar Kemilau Intan berhak mendapatkan tropi juara umum dan penghargaan lainnya serta mewakili Kalimantan Selatan untuk mengikuti event-event tari nasional. 



Adapun daftar pemenangnya yaitu: 

- Penyaji tari terbaik Kab. Banjar

- Penara tari terbaik Kab. Banjar

- Penata musik terbaik Kab. Banjar 

- Penata rias terbaik Kab. Hulu Sungai Selatan 

- Terbaik Tanpa jenjang Batola

- Terbaik Tanpa jenjang Kab. Hulu Sungai Selatan 

- Terbaik Tanpa jenjang Kab. Balangan

(IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar)


Komentar