Cegah Konflik Sosial, Bakesbangpol Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Masyarakat di Indrasari

Martapura,Infopublik - Fasilitasi Kegiatan Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Penanganan Konflik Sosial, oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Banjar, di Aula Kantor Desa Indrasari, Martapura, Rabu (26/7/2023) pagi.

Sekretaris Bakesbangpol Wasis Nugraha menyampaikan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat di Kabupaten Banjar khususnya di Desa Indrasari, dalam mencegah konflik sosial serta dapat menampilkan suasana sejuk dan aman di Desa Indrasari.



“Apabila kita cermati bersama, dari berbagai perkembangan situasi sosial politik maupun bidang kehidupan lainnya, terlihat bahwa sebagian besar dapat berpotensi konflik. Sehingga perlu diwaspadai, bahkan dinamika kehidupan Nasional maupun regional ke depan masih akan tetap diwarnai oleh sejumlah potensi konflik dan bentuk-bentuk gangguan sosial di Daerah, mulai dari konflik menjelang Pemilu 2024 pada 14 Februari nanti, konflik agama, aksi unjuk rasa, tindak kekerasan, sampai kepada ancaman teror yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

Menurutnya, bersamaan dengan itu, realitas kehidupan masyarakat juga sering diikuti oleh adanya sejumlah permasalahan yang bersifat multi dimensional, seiring dengan terus meningkatnya tuntutan kebebasan, demokratisasi dan pemekaran wilayah.

“Berakumulasinya keadaan ini sangat berpeluang terekspresi pada setiap momentum perkembangan kondisi sosial politik. Hal ini harus menjadi perhatian, mengingat saat ini kondisi sosial politik bangsa kita masih menyimpan berbagai sikap kontroversi dimasyarakat, yang kesemuanya berpotensi konflik," jelas Wasis.

Ditambahkan Satbinmas Polres Banjar Ari Ilham,  terus meningkatnya situasi konflik, dapat menyebabkan kondisi kesatuan bangsa dihadapkan pada berbagai permasalahan besar, terutama juga menyangkut merebaknya disharmoni sosial, bahkan ancaman disintegrasi bangsa. Oleh karena itu dalam rangka mengatasi atau mengurangi masalah konflik, masyarakat beberapa hal yang kiranya dapat kita lakukan adalah Mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tidak mudah terperdaya oleh berbagai berita atau informasi, yang berkonotasi dapat memecah belah kesatuan bangsa maupun berita bohong (hoax).

Dalam penanganan berbagai persoalan, hendaknya masyarakat tetap dalam koridor hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan yang tidak kalah penting selalu mengedepankan sikap toleransi antar individu dengan kelompok masyarakat. Penyadaran masyarakat untuk selalu mengamalkan Ideologi Pancasila yang didalamnya terkandung sifat keimanan dan ketaqwaan, kerukunan hidup yang berperikemanusiaan, azas musyawarah/ mufakat dan keadilan sosial dan juga selalu mengimplementasikan  4 Pilar kebangsaan.



“Juga peran dan kewajiban masyarakat dalam menjaga Kamtibmas, masyarakat melapor kepada Polri bila diketahui terjadi gangguan Kamtibmas.  Masyarakat bersedia menjadi saksi, masyarakat juga harus lapor apabila jadi korban kejahatan dan masyarakat berperan aktif dalam pembinaan Kamtibmas juga menjadi sumber info," tutupnya

Juga ditambahkan Bin Kordinator Banjar Nicko seperti diketahui bersama di indonesia sering terjadi konflik sosial, menyikapi hal tersebut peran tim penanganan konflik sosial di daerah serta masyarakat perlu ditingkatkan, dengan melaksanakan deteksi dan pencegahan dini dalam rangka mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dapat memecah belah Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“kewajiban tiap individu Kembangkan Sikap Toleransi dan menghormati kebebasan beribadah sesuai agama  dan kepercayaannya, hormati semua perbedaan suku, bahasa, Agama dan adat istiadat orang lain, kembangkan persatuan Indonesia atas dasar bhineka tunggal ika," ujarnya.

Di penghujung acara Johansyah yang mewakili Camat berpesan kepada pambakal, Rt, maupun masyarakat Desa Indra Sari agar kiranya mengapresiasi kegiatan ini, karna kegiatan ini merupakan penyampaian dalam penanggulangan konflik sosial  apalagi menjelang pemilu 2024.



“dan di Kecamatan Martapura konfliknya beragam sangat nyata dan jelas pastinya laporan ketua Rt,  tiap desa yang ada di wilayah  Desa Indra Sari, saya percaya masyarakat sudah memahami adanya Babinsa dan Babin Kamtibmas permasalahan yang ada cepat selesai dan tidak membesar," ungkapnya.(IP Kab. Banjar/Brigade/Bakesbangpol/Yati)


Komentar