DKISP Gelar Workshop Satu Data Kecamatan se-Kabupaten Banjar

Martapura, InfoPublik - Menjalin koordinasi dan membangun sinergi dalam penyelenggaraan satu data statistik sektoral di Kabupaten Banjar. Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) menggelar Workshop Satu Data Lingkup Kecamatan, di aula DKISP Banjar, Martapura, Rabu (26/7/2023).

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith mengatakan hari ini melaksanakan Workshop Satu Data se-Kecamatan Kabupaten Banjar. Workshop ini diperlukan kenapa, sebagai mewujudkan satu data Indonesia.



Menurut Basith, kebijakan Satu Data Statistik Sektoral diarahkan untuk mewujudkan tata kelola data dan informasi statistik yang berkualitas, dengan kriteria akurat, cepat, relevan, aktual, tepat waktu serta mudah diakses.

“Mulai dari kecamatan kabupaten provinsi sampai nasional, maka dari itu kami melaksanakan pelatihan kepada operator di kecamatan sehingga bisa mengisi data yang nantinya akan menjadi valid serta menyebarluaskan data, sedangkan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pembina data,” terang Basith.

Pada kegiatan ini Basith berharap semoga adanya pelatihan ini data data yang tersebar nantinya bisa dijadikan satu melalui aplikasi satu data, sehingga Kominfo sebagai wali data bisa mengumpulkannya dan nantinya tidak terjadi lagi perbedaan dan tumpang tindih data.



Sementara Eddy Erwan Nopianoor Statistisi Ahli Madya BPS Kabupaten Banjar menyampaikan satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data Pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat,  mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar Instansi pusat dan daerah.

Dikatakannya, BPS menyusun Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 5 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Metadata Statistik yang memuat mekanisme penghimpunan metadata dan tata cara pengisian Formulir Metadata Statistik.

“Metadata merupakan informasi dalam bentuk struktur dan format yang baku untuk menggambarkan data, menjelaskan data, serta memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi data,” tutupnya. 



Pada kegiatan Workshop Satu Data ini diikuti operator dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Banjar, dihadiri Kepala Bidang Statistik dan Persandian RR Dian Parwatisari dengan Narasumber Lina Yuliana dari BPS Kabupaten Banjar. (Media Center Banjar/Melda/Bagus/Man)


Komentar