Puluhan Linmas se-Kecamatan Simpang Empat Dibekali Pengetahuan Wasbang

Martapura, InfoPublik - Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi masyarakat. Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menyelenggarakan kegiatan bertajuk Penguatan Wawasan Kebangsaan Bagi Satuan Linmas se-Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Selasa (25/7/2023).

Acara berlangsung di Gedung Sarana Olahraga Desa Cabi Simpang Empat dengan mengusung tema “Linmas Yang Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila”.

Camat Simpang Empat Fahrian Rahman mengatakan kegiatan Linmas Yang Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila tersebut ada 80 peserta dari 15 Desa yang ada se-Kecamatan Simpang Empat.

Farhan menambahkan Satuan Linmas sendiri mempunyai arti, warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan dan permasalahan sosial di wilayah..Serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

"Diharapkan ke depan, Linmas menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah desa juga sebagai pelindung Masyarakat," harapnya.



Danramil Simpang Empat Kapten Chk Hadi Sutrisno menjelaskan pentingnya menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila bahwa  sebagai Linmas harus mengetahui dan memahami bahwa Pancasila merupakan suatu dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi warga Negara Indonesia.

“Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila haruslah dilestarikan, dijunjung tinggi dan diterapkan dalam keseharian," tegasnya.

Ditegaskannya, bahwa Pancasila merupakan lima dasar sebagai landasan pokok dan fundamental (mendasar). Untuk itu Bapak- bapak Linmas yang pada hari ini menerima Wawasan Kebangsaan apa yang sudah didapat dan diterima hendaknya dimengerti dan diterapkan, bantu warga tak mampu dengan memberikan pemahaman.

Pada akhir materi, Danramil mengajak segenap anggota Linmas untuk berkontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan melalui peran aktif di lingkungan/desa masing-masing, salah satunya seperti yang dilakukan Satlinmas saat ini, yaitu mendedikasikan dirinya untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar