Wujudkan Pembangunan Data Akurat, DKISP Gelar Bimtek Statistik Sektoral

Martapura, InfoPublik - Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Satu Data Statistik Sektoral, di Aula Barakat Kantor Bupati Banjar, Martapura, Selasa (25/7/2023).

Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan Bidang Statistik dan Persandian, diikuti 30 peserta dari SKPD lingkup Pemkab Banjar serta Perusahaan Daerah.



Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith mengatakan bimtek statistik sektoral Dinas Kominfo selaku wali data yang mengumpulkan data data di Kabupaten Banjar, di mana diketahui data sebagai pengambil keputusan ke depan untuk penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) maupun Smart City.

"Kami mengharapkan kepada peserta bimtek ini mengikuti dengan baik, sehingga nantinya data yang disuguhkan kepada pimpinan data akan valid setiap saat real time," harap Basith.

Dijelaskan Basith, Untuk data SPBE tahun 2022 kita dinilai 2,56, target kita mudah mudahan bisa naik tahun ini minimal di 2,60. Tentunya ini didukung dengan data yang valid, nanti bulan Agustus tim dari pusat melakukan penilaian interview lewat daring dari 7 - 30 Agustus.

"Sementara ini penilaian berdasarkan independen yang dilaksanakan Kominfo dari data data yang dikirim SKPD angka sudah mencapai 3,63 sangat melejit dan lompatan ini melampaui target RPJMD untuk tahun 2024 nanti," jelasnya.

Diakhir Basith menekankan semoga data yang kita suguhkan ini semakin valid, sehingga dapat memudahkan masyarakat baik itu investor yang datang ke Kabupaten Banjar menarik minat berinvestasi.

Sementara Narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banjar Eddy Erwan Nopiannoor menjelaskan metadata statistik merupakan tindakan meliputi upaya penyediaan dan penyebarluasan data mengarak ke sistem data nasional.



"Untuk data sendiri dapat diinterpretasikan dengan benar dan tepat jika karateristik atau atribut didefinisikan dalam bentuk metadata statistik," tutupnya.

Selain Eddy, narasumber lainnya dari BPS Banjar yaitu Monica Riana Listya dan Liana Yuliana. Hadir juga Kepala Bidang Statistik dan Persandian RR Dian Parwatisari. (Media Center Banjar/Bagus/Paris/Man)


Komentar