Kampanyekan Peduli Lingkungan, Disbudporapar Gelar Fashion Show 3R

Martapura, InfoPublik - Mengembangkan pemuda terus berkarya dan kreatif, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar menggelar Lomba Fashion Show 3R (Reduce, Reuse, Recycle), di Alun-Alun Ratu Zaleha Martapura, Minggu (23/7/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Banjar Manis Festival, hadir Plt Disbudporapar Irwan Jaya, Kabid Kepemudaan Noor Syawli Syahri dan Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Gt. Muhammad Syahrizal. 

Adapun Peserta lomba merupakan pemuda-pemudi Kabupaten Banjar dan sekitarnya dengan latar belakang SMP, SMA sederajat, dan Perguruan Tinggi.



Gt Syahrizal mengatakan kegiatan dilaksanakan dalam rangka Melaksanakan penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan pemuda, serta peningkatan kapasitas pemuda.

"Mengembangkan kreatifitas dan inovasi pemuda dalam menciptakan sampah dan limbah sebagai potensi untuk diolah menjadi sesuatu yang bernilai. Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya daur ulang dan pengurangan limbah," terang Syahrizal.

Syahrizal berharap setelah mengikuti lomba ini peserta bisa menghasilkan desain-desain yang kreatif dan inovatif, dengan menunjukan keahlian dalam menciptakan pakaian unik dari material daur ulang.

Selain itu peserta dapat meningkatkan kesadaran dan membangun komunitas di antara pemuda yang memiliki minat tentang lingkungan. Pemuda memiliki peran dalam penyampaian pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan, menjaga keberlanjutan sumber daya dan mengurangi limbah," harapnya.

Sementara, Plt Kepala Disbudporapar Irwan Jaya menyampaikan bahwa Lomba fashion show 3R menjadi platform yang efektif untuk menyuarakan isu-isu lingkungan kepada masyarakat. 

"Selain itu, lomba fashion show 3R bertujuan mendorong para peserta dan desainer untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan pakaian dari bahan-bahan bekas. Hal ini dapat merangsang kreativitas mereka dalam mencari solusi-solusi baru untuk mengurangi dampak negatif industri mode terhadap lingkungan," ungkap Irwan.

Ditambahkan Irwan, dengan mengusung tema “Menuju Kabupaten Banjar Bebas Sampah”, diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka akan ada inovasi-inovasi baru sebagai solusi permasalahan sampah di Kabupaten Banjar.



Pada kegiatan Lomba Fashion Show 3R ini didapatlah hasil juaranya, adapun pemenangnya yaitu : 

1. Juara Pertama Selvi Anggraini dari Universitas Achmad Yani.

2. Juara Kedua Calysta Ferica dari SMPN 3 Martapura.

3. Juara Ketiga Putri Mahya Rahmah dari SMA Negeri 1 Martapura.

(IP Kab. Banjar/Brigade Disbudporapar/Man)


Komentar