Komitmen Bersama Gerakan Transisi PAUD/RA ke SD/MI

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka Gerakan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Raudhatul Athfal (RA) ke Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menyenangkan.

Pemerintah Kabupaten Banjar dalam hal ini melaksanakan penandatanganan Komitmen bersama dan surat edaran Bunda PAUD Hj Nurgita Tiyas dengan Kepala Kementerian Agama Kab. Banjar H Najwan Noor dan Kepala Dinas Pendidikan Banjar Liana Penny, di halaman Kantor Bupati Banjar, Senin (10/7/2023).



Bunda PAUD Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menjelaskan Komitmen bersama ini merupakan bentuk tindak lanjut dari seluruh daerah/provinsi/pusat sampai kabupaten semuanya menyelenggarakan.

"Maka kami dari Kabupaten Banjar menindak lanjuti apa yang diperintahkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud yang mana kita harus menyukseskan gerakan transisi Paud ke SD yang menyenangkan maka dari itu legalnya kita harus menandatangani komitmen bersama untuk menyukseskan kegiatan tersebut," terang Nurgita.

Sementara Kepala Disdik Banjar Liana Penny mengatakan untuk kegiatan masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan kita juga menggandeng Kemenag.

"Karena tidak akan bisa berjalan seluruh Kabupaten Banjar apabila kawan-kawan kita, anak-anak kita yang bersekolah di Kemenag, guru-guru yang mengajar di Kemenag juga tidak melakukan hal yang sama," ucap Liana.

Ditambahkannya untuk masa transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ingin menghilangkan mis konsep di masyarakat bahwa anak-anak TK harus bisa belajar baca tulis dan berhitung.



"Jadi kewajiban tersebut adalah kewajiban guru yang mengajar di SD dan masa transisi yang menyenangkan dua minggu pertama pada saat awal masuk sekolah,  harus melakukan Masa Orientasi Sekolah juga menentukan apakah anak yang lulus dari TK ke SD atau RA ke MI itu pada masa transisi ini harus benar-benar menyenangkan sehingga tidak ada di alam bawah sadarnya bahwa di SD itu menakutkan jadi pendidikan itu harus menyenangkan," pungkasnya. (Media Center Banjar/Rif'ah/Man)


Komentar