Disnakertrans Bekali 32 Peserta Ilmu Menjahit dan Pembuatan Kain Sasirangan

Martapura, InfoPublik - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan dan Menjahit untuk masyarakat di Kabupaten Banjar, di Gedung Dekranasda Banjar, Martapura, Selasa (4/7/2023).

Kain Sasirangan menjadi salah satu komoditas khususnya di Kabupaten Banjar dan menjahit merupakan usaha yang banyak diminati masyarakat khususnya di Martapura. Kain Sasirangan merupakan sebuah kain kerajinan khas Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari yang digelar mulai tanggal 4 s/d 7 Juli 2023 bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK dan LPK Bina.



Kepala Disnakertrans Hj. Mahmudah mengatakan program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Adanya pelatihan diharapkan bisa untuk meningkatkan kualitas peserta dan harapannya bisa membuka lapangan usaha," harap Mahmudah saat membuka acara.

Mahmudah menambahkan walaupun dalam waktu yang singkat paling tidak peserta mendapatkan dasar ilmu dari pelatihan tersebut.



Sementara itu, Kabid Pelatihan Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Eni Hairany menyampaikan program ini diikuti dengan jumlah peserta 32 orang.

"Dengan rincian masing-masing pelatihan ada 16 orang," ucap Eni.

Dikatakannya, para peserta antusias mengikuti pelatihan terlihat dari peserta yang seksama mendengarkan penyampaian dari Instruktur. Ada juga beberapa peserta sudah pernah mengikuti pelatihan sebelumnya.



Adapun instruktur didatangkan dari LPK Bina Guna kecamatan Martapura Farid dan Aya Sofia. Para peserta pelatihan dibekali ilmu menjahit dan pembuatan Kain Sasirangan.

Selain praktik, Instruktur juga memberikan teori. Teori diberikan pada pertemuan pertama. Teori pada pelatihan berupa pengenalan mesin jahit, sedangkan pembuatan Kain Sasirangan mempelajari pola. (IP Kab. Banjar/Disnakertrans)


Komentar