Akses Jalan Sulit, BPBD Padamkan Karhutla Secara Manual

Martapura, InfoPublik - Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Senin (26/6/2023) mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di desa Tambak Padi kecamatan Beruntung Baru.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita menginstruksikan Tim Reaksi Cepat (TRC) menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi anggota TRC langsung melakukan pemantauan karhutla dan akses menuju ke lokasi. 

Hasil dari pemantauan didapatkan bahwa akses jalan menuju lokasi tidak dapat diakses mobil dan truk tangki. Dikarenakan mobil pick up dan truk tangki tidak dapat menuju lokasi.

Pada akhirnya anggota TRC melakukan pemadaman secara manual dengan alat seadanya. Luas lahan yang berhasil dipadamkan ± 0.5 Ha dengan vegetasi semak belukar. 

Untuk lama penanganan sekitar pukul 17.00 wita 18.35 wita. Penyebab dari karhutla tidak diketahui karena tidak ada saksi saat api masih dalam keadaan kecil dan belum meluas. 

Dikesempatan tersebut Kalak BPBD Warsita kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, tidak membuang puntung rokok sembarangan tempat, hindari praktek membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan dan tidak meninggalkan api di hutan dan lahan. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar