BPBD Gelar Apel Siaga Karhutla dan Kekeringan 2023

Martapura, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) dan Kekeringan 2023, di halaman Kantor BPBD Banjar, Martapura, Kamis (22/6/2023) pagi.

 

Apel gabungan tersebut terdiri dari TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kesehatan, DITANBUNAK, DPKP, TAGANA, Mangala agni dan juga relawan.

 

Pada kegiatan ini selaku pembina apel Asisten Administrasi Umum Rakhmad Dhani mewakili Bupati Banjar juga dihadiri Forkopimda Banjar dan Kepala SKPD Lingkup Pemkab Banjar.

 

Dalam amanatnya, Rakhmad Dhani mengatakan apel ini bertujuan sebagai tanda bahwa Kabupaten Banjar siapa mengantisipasi terjadinya karhutla dan kekeringan.

 

"Agar seluruh instansi pemerintah terkait dan forkopimda untuk siap mengantisipasi terjadi karhutla dengan cara sosialisasi kepada masyarakat,” ucapnya

 

Rakhmad Dhani juga menyampaikan pesan dari Bupati Banjar, untuk para camat agar melakukan sosialisasi kepada kepala desa atau lurah di lingkungannya untuk tidak melakukan pembakaran hutan lahan.

 

Pada kesempatan ini juga ditampilan perlengkapan penanganan karhutla dua unit truk tangki, satu buah mobil pemadam portabel, mesin alkon apung dan empat unit motor trile.

 

Setelah apel selesai dilanjutkan dengan demontrasi kebakaran hutan lahan yang dilakukan oleh BPBD Banjar. Saat demontrasi pemadaman forkopimda juga ikut terlibat sebagai tanda komitmen melawan kebakaran hutan dan lahan. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar