DPRD Banjarbaru Pelajari Perpustakaan Digital ke Dispersip Banjar

InfoPublik, Martapura - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banjar mendapat kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru. Kunjungan Kerja kali ini adalah Implementasi Perpustakaan Daerah di Era Digital di Ruang Audio Visual Dispersip.  Selasa (20/06/2023).

 

Adapun rombongan yang berkunjung terdiri dari H.M Subakhi, Ahmad Nur Irsan Finazli, Sukardi, Hindera Wahyudin, Neni Hendriyawaty dan Windi Novianto. Kunjungan kerja ini disambut langsung oleh Kepala Dispersip Banjar dr. Tofik Norman Hidayat, beserta jajaran staf yang terdiri dari Kepada Bidang Perpustakaan, Lily Agustriana serta Kasi Pengembangan, Pelayanan, dan Pelestarian Bahan Pustaka Nurainah dan Kasi Pembinaan, Data, Informasi dan Tenaga Perpustakaan Dedi Irawan.

 

Dalam Kunjungan Kerja kali ini, point yang banyak dibahas adalah mengenai perpustakaan digital iMartapura. Diterangkan Tofik Perpustakaan digital iMartapura merupakan layanan perpustakaan digital yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar dan sudah berjalan dari tahun 2018.

 

“Aplikasi iMartapura memiliki 1893 Judul dan 3847 eksemplar buku. Untuk mempromosikan iMartapura ke masyarakat, Perpustakaan Kabupaten Banjar mempromosikan melalui berbagai macam media promosi seperti spanduk, brosur, media sosial, banner serta melalui kegiatan perpustakaan antara lain adalah mobil perpustakaan keliling serta kegiatan inklusi sosial masyarakat,” terang Tofik.

 

Selain bertanya mengenai perpustakaan digital, rombongan Komisi I DPRD Kota Banjarbaru juga bertanya mengenai perpustakaan keliling, untuk menarik minat baca pemustaka, buku apa saja yang paling banyak diminati di Perpustakaan Umum Kabupaten Banjar. 

 

“Kita tidak bisa memungkiri bahwa dengan kemajuan teknologi dan gaya hidup di masa sekarang di mana masyarakat memerlukan perpustakaan digital, sehingga iMartapura hadir untuk masyarakat” Jelas Tofik.

 

Irsan, selaku ketua rombonga Komisi I berharap bahwa hasil kunjungan kerja tersebut dapat mereka implementasikan di Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru.

 

Kegiatan Kunjungan Kerja ini diakhiri dengan Pemberian Cendera Mata dari Rombongan Komisi I Dewan Perwakilan Daerah Kota Banjarbaru Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar. (IP. Kab. Banjar/Dispersip/Brigade/zulfy)


Komentar