BPBD Sigap Padamkan Karhutla di Desa Labuan Tabu

Martapura, InfoPublik - Telah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah desa Labuan Tabu pukul 20.30 wita, hal tersebut didapatkan informasi melalui Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, Sabtu (17/6/2023).

 

Kepala BPBD Banjar Warsita mendengar hal tersebut mengatakan pihaknya langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) menuju lokasi.

 

“Betul kami menerjunkan TRC ke lokasi agar segera ditangani sehingga tidak menyebar kebakaran yang cukup luas,” ucap Warsita.

 

Warsita menuturkan dari hasil pengecekan didapatkan informasi bahwa vegetasi dari lahan yang terbakar adalah ranting pohon dan juga semak belukar.

 

“Kita menurunkan satu unit Truk Tangki 5.000 liter dengan empat personil. Penanganan dilakukan menggunakan mesin alkon dan dua roll selang dengan sumber air truk tangki. Luas lahan yang terbakar kisaran 300m² dengan lama penanganan 1 jam,” terang Warsita.

 

Kegiatan penanganan Karhutla dilakukan personil BPBD Banjar, BPK swasta dan masyarakat sekitar. 

 

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui BPBD tak henti hentinya mengimbau kepada masyarakat agar Dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan, Tidak membuang puntung rokok sembarangan tempat, Hindari praktek membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan serta Tidak meninggalkan api di hutan dan lahan. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)


Komentar